Kejahatan Hutang Luar Negeri dan Reformasi Bank Dunia Roem Topatimasang

ISBN:

Published: September 1999

Paperback

168 pages


Description

Kejahatan Hutang Luar Negeri dan Reformasi Bank Dunia  by  Roem Topatimasang

Kejahatan Hutang Luar Negeri dan Reformasi Bank Dunia by Roem Topatimasang
September 1999 | Paperback | PDF, EPUB, FB2, DjVu, talking book, mp3, ZIP | 168 pages | ISBN: | 10.22 Mb

Jurnal WACANA Nomor 03/1999: Kejahatan Hutang Luar Negeri dan Reformasi Bank Dunia…..akhir 1990an, krisis keuangan datang. Mulanya krisis mata uang dan moneter, berubah melebar menjadi krisis keuangan dan ekonomi. Di Indonesia, malah berkepanjanganMoreJurnal WACANA Nomor 03/1999: Kejahatan Hutang Luar Negeri dan Reformasi Bank Dunia…..akhir 1990an, krisis keuangan datang. Mulanya krisis mata uang dan moneter, berubah melebar menjadi krisis keuangan dan ekonomi. Di Indonesia, malah berkepanjangan menjadi krisis politik sekaligus krisis sosial yang diwarnai kekerasan. rezim Soeharto tumbang setelah 32 tahun berkuasa.

Gelombang reformasi politik dan ekonomi mulai dijalankan, namun landasan perekonomian sudah terlanjur babk belur. Prakarsa Bank Dunia, IMF, dan lembaga internasional lainnya memberikan dana bantuan dan pinjaman baru dalam jumlah besar, ternyat justru semakin membuka borok-borok sistem perekonomian Indonesia yang selama ini sebagian besar dibiayai (dan memang terlalu bertumpu) pad hutang luar negeri. Citra tentang Indonesia yang selama ini “tidak ada masalah dengan hutang luar negeri” (karena dikaburkan dengan istilah “bantuan pembangunan”) serta merta berubah!

Mulailah bermunculan analisis-analisis terbuka dan berani memperlihatkan data telanjang tentang berbagai penyakit hutang luar negeri separah yang pernah dialami oleh semua negara penghutang berat dan bermasalah di seluruh dunia.(ROEM TOPATIMASANG, Pengantar: Jerat Hutang Luar Negeri, h.2-17)



Enter the sum





Related Archive Books



Related Books


Comments

Comments for "Kejahatan Hutang Luar Negeri dan Reformasi Bank Dunia":


ladobcostarica.com

©2010-2015 | DMCA | Contact us